Pilates Adalah Latihan Kebugaran untuk Melatih Otot Perut

 

Pernahkah Anda mendengar pilates? Apa yang Anda pikirkan ketika mendengar istilah tersebut. Pilates adalah sejenis olahraga? piletes adalah hobi? Atau pilates adalah hal lain? beberapa penjawab tentu akan menjawabnya dengan benar, namun tidak mustahil banyak juga yang menjawab salah.

Ya, ini dikarenakan pilates adalah sejenis olah raga kebugaran, bisa juga digolongkan menjadi hobi yang memang belum berusia lama. Pilatas baru dikembangkan sekitar awal abad ke-20 di Jerman. Namun demikian, penyuka olahraga ini sudah cukup banyak dan tersebar di seluruh penjuru dunia.

Anda penyuka berbagai macam latihan kebugaran? Jika ya, Anda tentu mengenal Pilates. Ya! Pilates adalah jenis latihan kebugaran yang cukup popular karena berbagai keunikan dan manfaatnya. Seperti apakah Pilates itu? Apa pula manfaatnya bagi tubuh? Mari kita bahas semuanya satu persatu.

Sekilas Tentang Pilates

Pilates adalah salah satu bentuk latihan gerak tubuh (olahraga) yang dikembangkan oleh Joseph Pilates. Olahraga yang satu ini menekankan keseimbangan tubuh melalui core strength(kekuatan inti/ kekuatan pusat = kekuatan seimbang dari otot-otot dalam dan luar tubuh yang menstabilkan, meluruskan, dan menggerakkan batang tubuh, terutama bagian perut dan otot belakang); kelenturan; dan kesadaran agar efisien dalam pergerakan yang anggun.

Pilates kini sedang banyak digandrungi. Hal ini terjadi karena Pilates mampu dilakukan siapapun. Misalnya saja atlet, penari, orang muda, orang tua, ibu-ibu hamil, bahkan kalangan yang sedang melakukan rehabilitasi terhadap penyakit atau kelainan tertentu. Tentu saja jenis latihannya disesuaikan dengan kemampuan dan kebutuhan masing-masing.

Berdasarkan survey, dikatakan bahwa hal yang membuat Pilates disukai adalah manfaatnya yang menguatkan, menambah daya tahan, melangsingkan, dan mambuat segala sesuatu mudah dilakukan dengan pelan/ anggun. Tak hanya itu saja, latihan Pilates yang bisa dimodifikasi sesuai keinginan dan kebutuhan juga menjadi salah satu pilihan.

Core Strength (Kekuatan Inti)

Core strength atau kekuatan inti adalah dasar dari segala latihan Pilates. Otot inti yang bekerja adalah otot yang ada di dalam, otot perut dalam, dan juga otot punggung. Ketika otot-otot inti kuat dan berfungsi dengan baik, otot-otot ini akan bekerja sama dengan otot terluar tubuh untuk mensuport tulang belakang beserta pergerakannya.

Saat Anda mengembangkan kekuatan inti, secara tidak langsung Anda juga mengembangkan stabilitas seluruh tubuh. Itu sebabnya, Pilates banyak digunakan sebagai salah satu terapi bagi kalangan yang menderita kelainan/ penyakit punggung. Jadi saat seluruh badan terstabilkan, tekanan punggung akan pulih dan tubuh akan bisa bergerak dengan bebas dan efisien.

Prinsip-prinsip Pilates

Sebagaimana olahraga kebugaran lainnya, olahrag Pilates pun memiliki prinsip-prinsip yang harus senantiasa diperhatikan. Setidaknya prinsip-prinsip pilates terdiri atas 6 hal, yaitucentering, control, flow, breath, precision, dan concentration.Berikut adalah penjelasan dari keenam prinsip dalam pilates.

       1.      Centering atau Berpusat

Pilates adalah olahraga keburgaran yang sering digambarkan sebagai gerakan yang mengalir dari inti yang kuat ke bagian luar. Pusat dari semua energi dalam pilates terdapat di bagian perut.

        2.      Control atau Pengendalian

Pilates adalah olahraga kebugaran yang membutuhkan kontrol pikiran dan tubuh. Selain itu, dibutuhkan juga pengendalian atau control terhadap gerakan dan alat yang digunakan. Tujuannya tentu saja untuk meminimalkan terjadinya resiko cedera selama melakukan berbagai gerakan pilates.

        3.      Flow atau Mengalir

Dalam pilates, semua gerakan dialirkan secara kontinyu. Tak hanya itu, aliran tenaga pun biasanya dialirkan melalui alat yang digunakan, seperti matras atau balon karet, dan lainnya.

        4.      Breath atau Nafas

Dalam pilates, mengatur pernafasan sangatlah penting. Teknik pernafasan yang benara akan meningkatkan dan memperlancar sirkulasi darah. teknik pernafasan yang benar dilakukan dengan menarik nafas melalui hidung dan mengeluarkannya melalui mulut.

         5.      Precision atau Presisi

Presisi sebenarnya bukan merupakan struktur latihan pilates. Presisi hanya berupa anjuran untuk melakukan gerakan dari awal hingga akhir dengan benar dan teratur. Jika presisi latihan yang Anda lakukan sudah beik, maka hasil yang didapat pun akan maksimal.

         6. Concentration atau Konsentrasi

Seperti saat melakukan olahraga lain, dalam pilate pun konsentrasi sangat penting. jangan sampai membiarkan pikiran kita kosong saat melakukan gerakan. Anda harus fokus ketika melakukan setiap gerakan pilates.

Keenam prinsip Pilates di atas harus berpadu agar bisa menghasilkan latihan yang sukses. Metodenya sendiri lebih menekankan pada kualitas daripada kuantitas. Itu sebabnya, di dalam latihan Pilates jarang dilakukan pengulangan-pengulangan gerakan.

Cukup dengan melakukan gerakan yang benar, teliti, dan terkonsentrasi, Anda akan mendapatkan hasil yang diinginkan dalam waktu yang relatif singkat yang tak pernah Anda bayangkan sebelumnya.

Manfaat Pilates

Berikut ini adalah berbagai manfaat Pilates bagi para pelakunya.

  • Pilates meningkatkan kesadaran tubuh. Maksudnya adalah membuat tubuh kita selalu sadar dalam melakukan apapun. Misalnya saja sadar ketika duduk di depan komputer selama berjam-jam. Di sini, kita akan selalu dilatih untuk duduk secara benar agar tidak membuat tubuh menjadi cedera/sakit.
  • Pilates meningkatkan kekuatan inti. Maksudnya adalah bahwa Pilates membuat perut Anda akan selalu kuat. Tentu saja karena dalam Pilates, perut adalah pusat dari segala energi.
  • Pilates meningkatkan kemampuan mengendalikan tubuh. Maksudnya adalah bahwa Pilates membiasakan kita melakukan segala sesuatu secara terkontrol. Ingat saja bahwa salah satu prinsip Pilates adalah control.

 

 

Mengusir Buncit dengan Pilates

Pilates adalah latihan kebugaran yang menghususskan kepada pembentukan otot perut. Salah satu manfaat dari latihan pilates adalah bisa “mengusir” perut buncit dengan waktu yang relatif singkat. Berikut ini terdapat beberapa latihan pilates yang dapat mempercepat proses pengusiran perut buncit.

1.      Latihan Perut Bagian Atas

Untuk melatih otot perut bagian atas, Anda dapat melakukan latihan pilates yang gerakannya meliputi dua kali mengambil nafas lewat hidung dan membuang nafas dua kali berurutan lewat mulut. Lakukan sebanyak delapan kali.

2.      Ninety Ninety Degrees

Gerakan ini dilakukan sebanyak delapan kali. Caranya adalah dengan dua kali mengambil nafas melalui hidung dan mengeluarkannya dua kali berurutan melalui mulut. Setelah itu, lakukan satu kali pengambilan nafas melalui hidung dan buang buang satu kali nafas melalui hidung. Latihan gerakan ini pun dilakukan sebanyak 8 kali.

3.      Sixty degrees

Untuk melakukan gerakan ini, silakan Anda ambil nafas satu kali melalui hidung dan mengeluarkannya satu kali juga melalui mulut. lakukan gerakan ini sebanyak delapan kali. Setelah itu, lakukan pengambilan nafas melalui hidung dua kali dan buang nafas melalui mulut dua kali. Lakukan sebanyak delapan hitungan.

  • Perlengkapan Pilates

Pilates adalah olahraga yang jarang dilakukan secara berkelompok. Masing-masing orang mempunyai kebutuhan dan kemampuan yang berbeda. Itu sebabnya, alat-alat dan perlengkapan yang digunakan dalam Pilates bagia tiap orang adalah berbeda-beda. Alat Pilates yang paling umum dipakai adalah matras.

  • Penggabungan Pilates

Sejak awal, Pilates dikembangkan untuk bisa digabungkan/ dimodifikasikan dengan gerakan-gerakan lain. Contoh penggabungan Pilates misalnya saja adalah dengan olahraga renang, menari, dan juga tinju.

Setelah Anda tahu bahwa pilates adalah olahraga kebugaran yang multimanfaat, Anda tentu tertarik untuk mencobanya, bukan?

Sumber : www.anneahira.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s