Membentuk Otot Tanpa Suplemen

Trik alami membentuk otot-otot tubuh dengan sempurna.

Jalan pintas memang selalu menggoda untuk dicoba. Tidak terkecuali pada niatan membentuk otot tubuh, begitu banyak tawaran suplemen yang dijual di pasaran. Tapi jika kita bisa membentuk tubuh secara natural, buat apa menggantungkan diri pada suplemen.

Kevin Rail, pakar fitness and wellness dari California University of Pennsylvania menyarankan kita untuk mengimbangi program latihan membentuk tubuh kita dengan langkah-langkah berikut dan biarkan tubuh terbentuk secara alamiah.bentuk-otot

Langkah 1 : Jauhkan diri dari makanan berkalori tinggi seperti gorengan, makanan siap saji, olahan tepung, dan makanan manis. Perbanyak konsumsi ikan, olahan susu rendah lemak, kacang-kacangan, buah-buahan, sayur-sayuran, dan gandum.

Langkah 2 : Jadikan air putih sebagai cairan utama yang kita minum. Jangan bergantung pada kopi, teh manis, milk shakes atau jus dengan gula atau pemanis buatan. Air putih akan membantu tubuh membakar kalori dengan sempurna. Jadikan 10 gelas air putih sebagai target kita setiap hari.

Langkah 3 : Makanlah setiap 4 jam sekali tapi dengan porsi yang kecil. Ini akan membantu tubuh memiliki energi yang stabil. Untuk otot, kondisi ini akan membuat nutrisi teraliri dengan konstan. Tapi pastikan makanan yang kita pilih mengandung lebih banyak protein dan karbohidrat kompleks. Misalnya sepotong dada ayam panggang disandingkan dengan roti gandum utuh dengan potongan selada dan tomat akan menjadi menu makan siang yang mengenyangkan bagi perut serta otot.

Langkah 4 : Jangan lupa melengkapi program latihan bakar lemak kita dengan olahraga kardio. Lakukan olahraga kardio yang kita sukai apakah itu berenang, berlari, naik-turun tangga, atau skipping.

Langkah 5 : Lakukan juga latihan beban, karena otot tidak bisa terbentuk tanpa bantuan beban. Pastikan otot yang kita bentuk adalah satu kesatuan jaringan otot. Contohnya ketika kita melakukan push-ups, otot-otot yang dibentuk tidak hanya otot lengan tapi juga pundak, bahu, hingga otot-otot samping perut.

Langkah 6 : Tidurlah dengan lelap di malam hari. Sebab saat kita tidur, tubuh akan mengeluarkan hormon-hormon pembentuk otot serta memperbaiki jaringan otot yang rusak saat proses bentuk otot. Bonus tambahannya, tidur yang lelap akan mengendalikan nafsu makan kita tetap stabil.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s