Analisis Skripsi

Analisis Skripsi Minat Mahasiswa Universitas Gadjah Mada untuk Mengikuti Latihan Beban di Fitness Gadjah Mada Medical Centre Tahun 2011

 

Defenisi Skripsi

Skripsi adalah sebuah istilah untuk karya ilmiah yang merupakan persyaratan untuk mendapatkan status sarjana (S1) di setiap Perguruan Tinggi Negeri (PTN) maupun Perguruan Tinggi Swasta (PTS) yang ada di Indonesia, bobot SKS dari skripsi adalah 6 SKS.

Tujuan Skripsi

Tujuan skripsi adalah melatih mahasiswa untuk melakukan penelitian secara utuh, mulai dari mengenal dan merumuskan masalah, merumuskan tujuan penelitian dan hipotesis, merancang cara (metodologi) pengumpulan & analisis data, rnenulis laporan penelitian dan mempertanggung jawabkan hasilnya secara akademik.

Sedangkan Skripsi dari yang penulis analisa memiliki definisi dan tujuan yang sesuai dari definisi serta tujuan tersebut, sedangkan analisis dari setiap Bab maupun sub-Bab adalah sebagai berikut :

BAB I PENDAHULUAN

  1. Latar Belakang Masalah

Latar belakang masalah memuat uraian secara jelas timbulnya masalah yang memerlukan pemecahan dengan didukung oleh logika-logika dan teori-teori yang mendasari timbulnya gagasan pemecahan / pembahasan masalah. Dengan mengemukakan latar belakang masalah akan mempermudah rumusan masalah.

Dari tata bahasa, cara kutipan maupun isi dari Latar Belakang Masalah sudah memenuhi syarat Latar Belakang sebuah skripsi

 

  1. Identifikasi Masalah

Rumusan/Identifikasi masalah yang akan dicari pemecahannya melalui penelitian yang akan diajukan hendaknya dirumuskan dalam bentuk kalimat tanya yang tegas dan jelas, untuk menambah ketajaman masalah.

Penulis Skripsi ini mengetahui dan dapat mengidentifikasi sehingga dapat merumuskan masalah yang akan di-teliti dari skripsi tersebut yang mengacu dari Latar Belakang yaitu tentang keikutsertaan mahasiswa dalam latihan beban, pengetahuan dan fasilitas.

 

  1. Batasan Masalah

 

Masalah yang akan dicari pemecahannya harus terbatas ruang lingkupnya agar pembahasannya dapat lebih terperinci dan dapat dimungkinkan pengambilan keputusan definitife. Variable-variable yang terlibat dalam penelitian harus ditentukan.

Dengan menuliskan batasan tersebut penulis skripsi menghindari perluasan maasalah dan membrikan batasan masalah yang relevan.

 

  1. Tujuan Masalah

Tujuan penelitian memuat uraian yang menyebutkan secara spesifik maksud atau tujuan yang hendak dicapai dari penelitian yang dilakukan. Maksud-maksud yang terkandung di dalam kegiatan tersebut baik maksud utama maupun tambahan, harus dikemukakan dengan jelas. Sedangkan minat adalah tujuan yang bermanfaat untuk mengacu pada manfaat dr penelitian ini.

  1. Manfaat Penelitian

Setiap hasil penelitian pada prisipnya harus berguna sebagai penunjuk praktek pengambilan keputusan dalam artian yang cukup jelas. Manfaat tersebut baik bagi perkembangan ilmu pengetahuan, manfaat bagi objek yang diteliti dan manfaat bagi peneliti sendiri maupun bagi pengembangan negara pada umumnya. Pemberian manfaat Teoritis, Praktis dan manfaat bagi Mahasiswa memberikan arti bahwa kelengkapan manfaat dan memang begitu bermanfaatnya penelitian ini.

BAB II KAJIAN PUSTAKA

Tinjauan Pustaka mempunyai arti: peninjauan kembali pustaka-pustaka yang terkait

(review of related literature). Sesuai dengan arti tersebut, suatu tinjauan pustaka berfungsi sebagai peninjauan kembali (review) pustaka (laporan penelitian, dan sebagainya) tentang masalah yang berkaitan—tidak selalu harus tepat identik dengan bidang permasalahan yang dihadapi—tetapi termasuk pula yang seiring dan berkaitan (collateral).

 

Minat adalah bahan utama dalam meninjau pustaka dengan memberikan pengertian, unsur-unsur, cara mengukur, faktor yang mempengaruhi, dan macam dengan cara mengutip dari sumber terpercaya dan memberikan pendapat tersendiri dengan baik.

 

Penelitian yang Relevan

Memberikan pengertian tata cara penelitian yang baik dan membantu pemahaman pada penelitian ini.

 

Kerangka berpikir

Memberikan kerangka, alur dari setiap hal yang akan diteliti ..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s