JOGGING

Olah raga merupakan suatu kewajiban bagi kita yang menginginkan kehidupan sehat. Olah raga bisa apa saja yang penting tubuh kita bergerak dan dapat mengeluarkan keringat. Nah salah satu olah raga yang murah meriah dan sangat mudah yaitu jogging. Jogging adalah olah raga yang sangat dikenal oleh banyak orang baik di dalam negeri maupun diluar negeri. Olah raga ini sangat diminati semua kalangan baik tua, muda, lelaki, perempuan, maupun anak-anak. Saat kita jogging rasanaya seluruh tubuh terasa semuanya bekerja sehingga keringat yang dikeluarkanpun menjadi banyak.

Dengan demikian kotoran dalam tubuh kita ikut keluar dengan keringat yang kita keluarkan. Tubuh kita menjadi sehat dan bebas dari penyakit. Dengan berolah raga jogging juga atau berlari-lari kecil dapat menurunkan berat badan kita dengan efektif. Kata kebanyakan orang, tinggi badan kitapun dapat bertambah dengan kita berolah raga jogging. Salah satu manfaat lainnya yaitu dapat membentuk tubuh yang ideal. Olah raga ini sangat mudah dan praktis dibandingkan dengan olah raga lainnya karena untuk melakukan olah raga ini kita tidak perlu mengeluarkan banyak biaya.

 

Jogging itu sangat mudah melakukannya, kita tinggal berlari saja tidak perlu cepat yang penting kita berlari. Saat kita jogging pandangan kita harus lurus kedepan dan usahakan kita fokus kedepan kira-kira 1 meter. Saat berlari tumpuan kaki bagusnya di kaki bagian depan dengan dampal kaki agak ditarik keatas. Jika kita sering kecapean saat berjogging ada satu cara untuk mengatasinya yaitu berjogging sambil mengobrol dengan teman jogging kita. Jogging bisa dilakukan dimana saja bisa di lapangan, di halaman rumah, di komplek rumah, dan tempat yang agak luas untuk kita berlari. Sangat nudah bukan?dan sangat banyak sekali loh manfaatnya. dan satu lagi jogging dapat memperpanjang relasi kita karena banyak sekali orang yang berolah raga ini terutama di lapangan. Jadi jangan ragu untuk berolah raga jogging!selamat mencoba.

 

Setiap pagi hari disaat Weekend banyak sekali masyarakat yang keluar rumah dipagi hari untuk melakukan aktivitas Jogging. Sepertinya Jogging ini sering dilakukan untuk menyehatkan tubuh kita dan menyegarkan pernapasan kita dipagi hari dengan udara yang bersih, nah apakah anda tahu apa saja “Manfaat Jogging”? di sini saya akan memberitahukan manfaat jogging buat anda baik secara fisik maupun psikologis.

Secara FISIK

 

Meningkatkan stamina
Jogging membantu untuk meningkatkan stamina yang berdampak positif pada kegiatan sehari-hari, kehidupan pekerjaan dan membantu kita menjalani kehidupan dengan aktif. Jika Anda merasa lesu sepanjang hari ketika bekerja, maka dengan rutin melakukan jogging perubahan akan segera terlihat.

Menurunkan berat badan
Salah satu cara menurunkan berat badan secara alami adalah dengan jogging. Jogging akan membakar kalori Anda dan meningkatkan metabolisme tubuh. Metabolisme yang lambat, membuat lemak mudah menumpuk dan menjadikan tubuh gemuk.

Membakar lemak di perut
Ingin perut tampak lebih ramping? Sebagai latihan pembakar lemak yang sangat baik, jogging juga bermanfaat untuk mengurangi lemak di sekitar pinggul, pinggang dan perut. Cara ini sangat efektif.

Menguatkan otot dan memadatkan tulang
Selain otot, tulang pinggul, punggung dan kaki akan menjadi lebih padat berisi. Jika Anda pernah melihat atlet lari maraton, tampaknya mereka kurus. Namun, kepadatan tulang dan otot yang terlatih bisa membuat mereka berlari sekuat dan semaksimal mungkin.

Mengencangkan paha dan bokong
Dengan gerakan otot yang terjadi saat melakukan aktivitas jogging, otot paha dan bokong akan dilatih sedemikian rupa sehingga menjadi lebih kuat dan kencang. Pembakaran lemak akan menjadikannya semakin padat, kencang dan berisi.

Memperbaiki nafsu makan
Jika Anda memiliki nafsu makan yang rendah, jogging membantu meningkatkan nafsu makan. Peredaran darah yang lancar serta metabolisme yang menjadi normal menjadikan nafsu makan berubah menjadi lebih baik. Penurunan depresi juga menjadi salah satu penyebab ‘kembalinya’ nafsu makan Anda.

Menghilangkan insomnia
Susah tidur yang sering diakibatkan oleh depresi dan gangguan pola makan, bisa diatasi dengan jogging. Ya, jogging membuat Anda lebih mudah tidur dengan nyenyak di malam hari.

Melawan penuaan
Massa otot dan tulang akan berkurang seiring dengan semakin tuanya usia Anda. Dengan jogging, Anda akan dapat mengurangi terjadinya penuaan.

Mencegah datangnya penyakit
Jogging seringkali dilakukan dengan ‘terpaksa’ karena adanya manfaat yang terbukti bisa melawan penyakit seperti kanker, stroke, jantung, diabetes, hipertensi, osteoporosis dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Meminimalkan serangan jantung
Jogging yang merupakan latihan kardiovaskular, menjadikan jogging sebagai olahraga yang bisa meminimalkan serangan jantung dan juga mengurangi tekanan darah. Pada saat yang sama, paru-paru Anda juga akan menjadi kuat dan Anda bisa menghirup oksigen lebih banyak, sehingga meningkatkan kapasitas darah untuk mengangkut lebih dari nutrisi penting untuk tubuh Anda.

Secara Psikologis

Membangun kepercayaan diri
Secara psikologis, jogging bisa membangun kepercayaan diri. Dengan jogging, Anda akan tumbuh menjadi lebih kuat dan lebih tabah dalam menghadapi setiap masalah. Dengan manfaat yang didapat dari jogging seperti penurunan berat badan, meningkatkan stamina, dll, jogging secara tidak langsung membantu meningkatkan kepercayaan diri Anda.

Menghilangkan stres
Saat jogging, Anda bisa melupakan sejenak mengenai masalah hidup dan mengatur kembali pikiran Anda yang mungkin sedang kacau. Jika sedang marah atau kesal, sprint akan membantu Anda mengatasinya.

Memperbaiki sikap
Salah satu manfaat jogging yang kurang dikenal adalah memperbaiki sikap. Saat jogging, tubuh memproduksi hormon yang disebut endorfin. Hormon ini bertanggung jawab untuk memberikan rasa kebahagiaan atau euforia. Ini juga yang menjadi salah satu alasan kenapa jogging bisa menghilangkan stres.

Kenalan baru, komunitas baru
Dengan jogging, tak menutup kemungkinan Anda akan bisa menemukan banyak kenalan baru. Biasanya keuntungan ini akan didapat saat jogging di tempat umum, seperti di lapangan umum terbuka misalnya.
Sumber:

http://id.shvoong.com/lifestyle/sports-and-recreation/2151245-nikmatnya-jogging/#ixzz1qqAu8jwK

http://www.garudaterkini.web.id/2012/02/manfaat-jogging.html

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s