Aplikasi Gaya Sentrifugal Dalam Olahraga

Gaya sentrifugal adalah gaya yang meyebabkan benda yang sedang berputar, pergi meninggalkan pusat lingkaran.

  • Pengaruh gaya sentrifugal pada balap sepeda ketika berada ditikungan

Sering kita jumpai pada olahraga balap sepeda penerapan gaya sentrifugal. Biasanya penerapan gaya sentrifugal ini dapat kita lihat ketika para pembalap berada ditikungan. Dimana ketika mereka berada ditikungan mereka mencondongkan sepeda mereka kearah pusat putaran. Inilah yang merupakan usaha yang dilakukan oleh para atlet untuk mengeliminasi gaya sentrifugal ini.

Makin pendek jari-jari lintasnnya maka pengaruhnya juga semakin besar, dan usaha untuk mencondongkan sepeda pun juga akan semakin besar. Bila jari-jari yang kecil tidak ada usaha untuk mencondongkan sepeda maka sepeda tersebut akan terpental dari lintasan. Ada yang berpendapat bahwa untuk mengurangi gaya sentrifugal dapat dilakukan dengan mengurangi kecepatan, ini adalah pendapat yang benar akan tetapi didalam dunia olahraga ini tidak tepat karena didalam olahraga yang dinilai adalah waktu, semakin sedikit waktu yang diperoleh maka hasilnya akan semakin baik jadi bila ada pengurangan kecepatan maka akan berpengaruh terhadap perolehan waktu.

Bila kita melihat felodrom maka disana kita akan melihat lintasan balap sepeda yang dibuat miring dengan sudut tertentu, ini juga merupakan usaha untuk pengurangan/meminimalkan gaya sentrifugal ini.

 

 

Aplikasi Gaya Sentripetal Dalam  Cabang Olahraga

Gaya sentripetal adalah gaya yang menyebabkan benda yang berputar pergi menuju pusat lingkaran. Dalam dunia olahraga penerapan gaya sentripetal ini mungkin hanya sedikit tidak sebanyak penerapan gaya sentrifugal. Penerapan gaya sentripetal ini dapat kita lihat pada:

  • Permainan sepakbola

Aplikasinya dapat kita lihat ketika pemain melakukan tendangan pisang. Bila kita perhatikan dengan seksama maka bola itu akan berputar menuju pusat lingkaran. Bila ingin menambahkan besarnya gaya sentripental dapat dilakukan dengan memperbesar putaran ketika menendang.

  • Permainan bola voli

Pada permainan bola voli kita dapat melihat penerapan gaya sentripetal ketika pemain memukul bola dengan putaran sidespin, sama halnya dengan sepak bola tadi bola juga akan bergerak menuju pusat lingkaran.

  • Arung jeram

Ketika kita melakukan arung jeram terkadang kita akan terjebak pada suatu pusaran air, bila kita perhatikan inilah yang merupakan gaya sentripetal yaitu air bergerak menuju pusat lingkaran.

 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s